Selasa, 21 Maret 2017

Manfaat dan Khasiat Tanaman Berenuk / Buah Majapahit (Crescentia Cujete L)


Manfaat dan Khasiat Tanaman Berenuk atau  Buah Majapahit (Crescentia Cujete L) 1
Tanaman Berenuk atau Buah Majapahit (Crescentia Cujete L)

gambar atau foto Tanaman Berenuk  Buah Maja (Crescentia Cujete L) 1
 Tanaman Berenuk atau Buah Maja (Crescentia Cujete L)




Deskripsi Tanaman Berenuk

Tanaman berenuk adalah tanaman pohon yang sering kita jumpai berada disekeliling kita. Tanaman berenuk ini biasanya ditanam di halaman rumah, pekarangan, tepi jalan, dihutan dan tempat lainnya. Nama latin tanaman berenuk atau buah majapahit adalah Crescentia Cujete L. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain tanaman berenuk atau buah maja ialah  calabash tree. Menurut sejarah asal usul tanaman berenuk atau buah maja ini berasal dari Amerika Tengah. Persebaran tanaman berenuk atau buah maja dari daerah Spanyol, Brazil, Kolombia, Bolivia, Veneszuela, Peru, Mexico, Sri Langka, Indonesa. Ciri-ciri fisik tanaman berenuk atau tanaman maja ini tanaman pohon dengan buah yang berbentuk bulat seperti bola berwarna hijau kekuningan. Karakteristik buah tanaman berenuk atau maja ini memiliki rasa yang sangat pahit. Tanaman berenuk atau buah maja ini merupakan ciri khas atau ikon dari kerajaan majapahit. Fungsi dan kegunaan tanaman berenuk atau buah maja ini bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai tanaman hias di pinggir jalan karena tanaman ini memiliki buah yang tergolong unik dan indah. Namun yang tak kita ketahui ternyata tanaman berenuk atau buah maja ini dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Berenuk

Jawa : Maja, Buah Mojopahit
Indonesia : Berenuk, Berunuk

Klasifikasi Tanaman Berenuk

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Scrophulariales
Famili: Bignoniaceae
Genus: Crescentia
Spesies: Crescentia cujete L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Berenuk

Tanaman berenuk merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman berbunga (Bignoniaceae). Tanaman berenuk ini termasuk tanaman pohon kecil menengah dengan ukuran sekitar 5-10 m. Batang tanaman berenuk berkayu kokoh, bercabang, berkulit kasar dengan warna coklat. Akar tanaman berenuk ini berakar tunggang berwarna coklat. Daun tanaman berenuk tersusun secara majemuk berbentuk lonjong dengan ujung daun yang meruncing, pertulangan daun menyirip banyak, berwarna hijau. Bunga tanaman berenuk berbentuk seperti lonceng berwarna putih dengan serat merah keunguan, mahkota bunga tanaman berenuk berwarna kekuningan, bunganya muncul pada batang tanaman dengan ukuran sekitar 5 cm. Buah tanaman berenuk berbentuk bulat seperti bola ketika masih muda berwarna hijau ketika sudah matang akan berwarna coklat. Biji tanaman berenuk berbentuk pipih berwarna coklat. Budidaya tanaman berenuk ini perkembangbiakannya menggunakan stek dan biji. Habitat tanaman berenuk ini berada pada tanah kering yang lembab dan subur dengan sinar matahari yang cukup dengan syarat hidup pada dataran rendah hingga 420 m dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Berenuk Yang Digunakan

Seluruh bagian tanaman

Kandungan Tanaman Berenuk

Tanaman berenuk atau buah maja mengandung senyawa cardenolides, antrakuinon, flavonoid, alkaloid, saponin, Tanin dan fenol 

Manfaat dan Khasiat Tanaman Berenuk Bagi Kesehatan
  1. Daun tanaman berenuk atau buah maja untuk mengobati sakit diare,  sakit perut dan hipertensi.
  2. Buah tanaman berenuk atau buah maja berguna sebagai obat sakit  pilek, batuk,, asma, dan bronkitis 
  3. Tanaman berenuk atau buah maja berkhasiat untuk mengobati sakit muntah. 
  4. Tanaman berenuk atau buah maja bermanfaat sebagai obat disentri.
  5. Tanaman berenuk atau buah maja digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi.
  6. Daun tanaman berenuk atau buah maja berguna untuk obat dalam membersihkan luka.
  7. Daun tanaman berenuk atau buah maja sebagai obat sakit kepala
Catatan

Ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat herbal tanaman berenuk ini.

0 komentar:

Posting Komentar