Senin, 20 Maret 2017

Manfaat dan Khasiat Tanaman Murbei (Morus Alba L)

Foto atau gambar Tanaman Murbei (Morus Alba L)
 Tanaman Murbei (Morus Alba L)


Deskripsi Tanaman Murbei

Tanaman murbei adalah tanaman buah yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman murbei biasanya ditanam pada pekarangan rumah, halaman depan rumah, didalam pot terkadang juga hidup secara liar dihutan. Nama latin tanaman murbei adalah Morus alba L. Sedangkan dalam bahasa inggris nama lain dari tanaman murbei ialah white mulberry.  Menurut sejarah asal usul tanaman murbei ini berasal China Utara. Persebaran tanaman murbei ini dari daerah Asia : China, Korea, Irak, Iran, Indonesia, Malaysia; Afrika : Zambia, Afrika Selatan, Mauritania; Amerika Utara, Amerika Selatan; Eropa : Italia, Hungaria, Rusia,Yunani. Ciri fisik dari tanaman murbei ini tanaman berkayu memiliki daun yang lonjong bergerigi dengan buah yang berwarna merah kehitaman. Karakteristik tanaman murbei ini buahnya mempunyai rasa asam manis. Fungsi dan kegunaan tanaman murbei bagi sebagian masyarakat di Indonesia ini buahnya digunakan sebagai makanan sedangkan daun tanaman murbei digunakan untuk pakan ulat sutra, kulit batang tanaman murbei dapat digunakan untuk membuat kertas, dan juga daun muda dari tanaman murbei ini bisa digunakan sebagai sayuran. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman murbei ini dapat juga digunakan sebagai obat herbal tanaman murbei dalam pengobatan macam-macam penyakit yang ada ditubuh kita.

Nama Daerah Tanaman Murbei

Jawa : Murbai, Besaran
Sumatera : Kerta, Kitau

Klasifikasi Tanaman Murbei

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Dilleniidae
Ordo: Urticales
Famili: Moraceae
Genus: Morus
Spesies: Morus alba L.

Antomi dan Morfologi Tanaman Murbei

Tanaman murbei merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman ara-araan (Moraceae). Tanaman murbei ini tanaman semak pohon dengan ukuran sekitar 5-20 m. Batang tanaman murbei berbentuk bulat ketika batang masih muda berwarna hijau kehitaman setelah tua akan berwarna coklat. Daun tanaman murbei tunggal berbentuk lonjong dengan tepi daun yang bergerigi, ujung daun tanaman meruncing, berwarna hijau, dan memiliki ukuran 20 cm x 11. Bunga tanaman murbei majemuk berbentuk tandan, mahkota bunga tanaman murbei berbentuk tajuk kecil keputihan. Buah tanaman murbei buahnya buni ketika sewaktu masih muda berwarna putih kehijauan ketika sudah matang buahnya akan berwarna merah kehitaman dan terasa manis. Biji tanaman murbei ini berbiji kecil berwarna hitam. Budidaya tanaman murbei ini perkembangbiakannya menggunakan cara stek. Habitat tanaman murbei berada pada daerah yang tanah yang lembab beriklim tropis dan subtropis dengan curah hujan tahunan sekitar  250 mm, dengan syarat hidup dari dataran rendah hingga ketinggian 4.000 m dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Murbei Yang Digunakan

Daun, buah, ranting, dan akar.

Kandungan Tanaman Murbei

Tanaman murbei mengandung senyawa ecdysterone, inokosterone, lupeol, ╬▓-sitosterol, rutin, moracetin, scopoletin, benzaldehida, eugenol, linalol, benzyl alkohol, butylamine, aseton, kholine dan quercetin

Manfaat dan Khasiat Tanaman Murbei Bagi Kesehatan
  1. Tanaman murbei berguna untuk mengobati sakit rematik.
  2. Tanaman murbei bermanfaat sebagai obat sakit radang kulit.
  3. Tanaman murbei berkhasiat untuk mengobati penyakit hipertensi.
  4. Tanaman murbei digunakan sebagai obat sakit bisul.
  5. Tanaman murbei untuk mengobati sakit karena digigit ular 
  6. Akar tanaman murbei ini bersifat mendinginkan, obat diuretik, dan ganguan saraf.
  7. Tanaman murbei untuk obat analgesik, obat batuk.
Catatan

Konsumsilah obat herbal tanaman murbei ini dengan bijak dan sesuai takaran


0 komentar:

Posting Komentar