Selasa, 21 Maret 2017

Manfaat dan Khasiat Tanaman Palasan Atau Pulasari (Alyxia Stellata Auct)

Gambar atau foto Tanaman Palasan Atau Pulasari (Alyxia Stelatta Auct)
Tanaman Palasan Atau Pulasari (Alyxia Stelatta Auct)



Deskrispi Tanaman Pulasari

Tanaman pulasari adalah tanaman merambat yang sering kita jumpai ada disekitar kita. Tanaman pulasari biasanya ditanam di pekarangan rumah, halaman depan rumah dan juga terkadang tumbum secara liar di hutan. Nama latin tanaman pulasari adalah  Alyxia stellata Auct. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman pulasari memiliki nama lain ialah Maile. Menurut sejarah asal usul tanaman pulasari ini berasal dari Hawai. Persebaran tanaman pulasari dari daerah Samoa Amerika, Antartika, Australia, Kepulauan Cook, Fiji, Polinesia Prancis, Guam, Indonesia, Meksiko, Kaledonia Baru, Niue, Samoa, Kepulauan Solomon, Tonga, Amerika Serikat, Wallis dan Pulau Futuna . Ciri-ciri tanaman pulasari ini memiliki yang berbentuk lonjong bertangkai panjang daun dan berwarna hijau. Fungsi dan kegunaan tanaman pulasari bagi sebagian masyarakat digunakan untuk tanaman hias karena memiliki daun yang dan buah yang unik dan indah. Namun yang tak kita tahu ternyata tanaman pulasari ini dapat digunakan untuk obat herbal tanaman pulasari dalam pengobatan macam-macam penyakit yang ada ditubuh kita.

Nama Daerah Tanaman Pulasari

Sunda : Areuy Pulasari 
Jawa : Pulosari
Sulawesi : Calapri
Maluku : Purasane

Klasifikasi Tanaman Pulasari

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Gentianales
Famili: Apocynaceae
Genus: Alyxia
Spesies: Alyxia stellata Auct

Anatomi dan Morfologi Tanaman Pulasari

Tanaman pulasari merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman berbunga (Apocynaceae). Tanaman pulasari ini tanaman semak hijau yang merambat memiliki ukuran tanaman sampai 3 m. Batang tanaman pulasari berkayu berbentuk bulat memiliki banyak cabang berwarna putih kecoklatan. Daun tanaman pulasari berdaun tunggal berbentuk lonjong dengan pangkal dan tepi daun yang meruncing, pertulangan daun lurus, berwarna hijau. Bunga tanaman pulasai berbentuk seperti lonceng, berkelompok, muncul pada ujung daun, berwarna kuning berukuran kecil mirip bunga tanaman cengkeh. Buah tanaman pulasari berbentuk oval membulat lonjong ketika masih muda berwarna hijau dan ketika sudah masak buahnya akan berwarna hitam. Biji tanaman pulasari pipih berwarna kecoklatan. Budidaya tanaman pulasari ini perkembangbiakannya menggunakan biji dan stek. Habitat tanaman pulasari ini berada pada daerah yang lembang ternaungi bisa juga terkena sinar matahari full, dengan syarat hidup pada ketinggian dari permukaan laut ke 1, 500 meter dengan curah hujan tahunan rata-rata hingga 2,500mm.

Bagian Tanaman Pulasari Yang Digunakan

Daun

Kandungan Tanaman Pulasari

Tanaman pulasari mengandung zat samak, kumarin, zat pahit, dan alkaloid.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Pulasari Untuk Kesehatan
  1. Daun tanaman pulasari berguna untuk menyembuhkan sakit kelamin gonorea
  2. Tanaman pulasari digunakan sebagai obat sariawan.
  3. Tanaman pulasari untuk mengobati penyakit kejang usus, mulas.
  4. Tanaman pulasari bermanfaat untuk obat batuk, demam pada anak
  5. Tanaman pulasari berkhasiat sebagi obat keputihan, haid yang tidak teratur pada wanita
  6. Tabanab pulasari untuk obat menghetikan darah dari luka.
  7. Tanaman pulasari untuk menambah nafsu makan.
Catatan

Konsumsilah herbal tanaman pulasari ini dengan bijak dan sesuai takaran. Wanita hamil dan menyusui tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat herbal tanaman pulasari.

0 komentar:

Posting Komentar