Senin, 27 Maret 2017

Manfaat Tanaman Baobab atau Pohon Botol (Adansonia Digitata)

gambar atau foto Tanaman Baobab atau Pohon Botol (Adansonia Digitata)
  Tanaman Baobab atau Pohon Botol (Adansonia Digitata)


Deskripsi Tanaman Baobab

Tanaman baobab adalah tanaman pohon yang biasanya hidup secara liar di hutan, dan terkadang juga ditanam di kebun, pekarangan rumah dan tempat lainnya. Nama latin tanaman baobab adalah Adansonia Digitata. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain dari tanaman baobab ini memiliki nama baobab,  dead rat tree, monkey bread tree , upside down tree, dan cream of tartar tree. Menurut sejarah asal usul tanaman baobab ini berasal dari Benua Afrika. Persebaran tanaman baobab ini dari daerah Mauritania, Senegal, Guinea, Sierra Leone, Mali, Burkina Faso, Ghana, Togo, Benin, Niger, Nigeria, n-Kamerun, Chad, Sudan, Kongo, Zaire, Eritrea, Ethiopia, Somalia , Kenya, Tanzania, Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambik, Angola, Sao Tome, pulau Príncipe, Pulau Annobon , Jawa (Indonesia) , Nepal , Sri Lanka , Filipina, Jamaika, Afrika Selatan , Namibia, Botswana, Puerto Rico , Haiti , Republik Dominika , Venezuela , Seychelles, Madagaskar, Comores, India , Yaman, Oman, dan Cina. Ciri-ciri fisik tanaman baobab ini memiliki ciri pohon yang besar dengan batang bagian bawah besar dan bagian atas batang mengecil seperti botol. Tanaman baobab ini dapat hidup selama seribu tahun lebih dan tahan terhadap musim kering. Fungsi dan kegunaan tanaman baobab bagi sebagian masyarakat digunakan untuk bahan makanan buah, dan bijinya , dan juga sebagai tanaman hias karena batangnya memiliki bentuk yang unik. Pada masyarakat Afrika tanaman baobab ini dianggap sebagai pohon keramat. Namun yang jarang kita ketahui tanaman baobab ini ternyata dapat digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Baobab

Jawa : Asam Londo
Indonesia : Ki Tableng

Klasifikasi Tanaman Baobab

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Viridiplantae
Superdivisi: Embryophyta
Divisi: Tracheophyta
Subdivisi: Spermatophytina
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Dilleniidae
Ordo: Malvales
Famili: Bombacaceae
Genus: Adansonia
Spesies: Adansonia digitata L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Baobab

Tanaman baobab merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman berbunga (Bombacaceae). Tanaman baobab ini tanaman pohon yang tumbuh tegak dimana ukurannya dapat mencapai sekitar 5-25 m. Batang tanaman baobab bertektur halus mengkilap, berwarna coklat keabu-abuan, percabangan tidak terlalu banyak, batang bawah besar dan semakin keatas akan semakin mengecil seperti botol, ukuran diameter batangnya dapat mencapai 1-14 m, batang tanaman baobab dapat menyerap banyak air ketika hujan untuk disimpan dan digunakan ketika musim kering. Akar tanaman baobab akar tunggang dan cabang-cabang mirip dengan lebih halus akar kapiler. Daun tanaman baobab  daun digitate berbentuk seperti tangan berkumpul 5-7 daun, dengan ukuran daun 5 cm × 12,5 cm, tangkai daun tanaman baobab berukuran panjang. Bunga tanaman baobab bunga soliter mengantung atau terjerumbai berwarna putih dengan ukuran sekitar 20 cm, dengan 5 kelopak bunga, beraroma manis. Buah tanaman baobab besar berbentuk telur kapsul berukuran lebih dari 12 cm, buah terdiri dari kulit keras ditutupi dengan rambut yang berwarna kuning kecoklatan. Biji tanaman baobab berbentuk bulat lonjong seperti bentuk ginjal berwarna cokla bertekstur keras. Budidaya tanaman baobab ini perkembangbiakannya menggunakan biji. Habitat tanaman baobab hidup pada semak kering, hutan, padang rumput berhutan, dengan sinar matahari yang banyak dan curah hujan yang sedikit.

Bagian Tanaman Baobab Yang Digunakan

Seluruh bagian tanaman

Kandungan Tanaman Baobab

Tanaman baobab mengandung zat  flavonoid, fitosterol, asam amino, asam lemak, vitamin dan mineral. Daging buah mengandung vitamin C 10 kali lipat dari buah jeruk, kalsium, fosfor, karbohidrat, serat, kalium, protein. Biji mengandung jumlah yang cukup fosfor, magnesium, seng, natrium, besi, mangan.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Baobab Bagi Kesehatan
  1. Kulit tanaman baobab untuk mengobati  anemia, luka.
  2. Buah kering tanaman baobab berkhasiat untuk menyembuhkan sakit Asma bronkial, dan infeksi kulit.
  3. Daging buah tanaman baobab berguna untuk mengurangi panas dan memuaskan dahaga.
  4. Biji tanaman baobab bermanfaat sebagai obat diare,  disentri, cegukan pada anak.
  5. Tanaman baobab digunakan sebagai obat antimikroba.
  6. Tanaman baobab untuk mengobati sakit malaria.
  7. Tanaman baobab sebagai obat antioksidan alami.
  8. Tanaman baobab berguna untuk mengobati sakit diabetes.
  9. Tanaman baobab berkhasiat sebagai obat antivirus.
  10. Tanaman baobab digunakan sebagai obat untuk sakit rematik.
  11. Tanaman baobab untuk penanangkal keracunan.
Catatan

Ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan untukmengkonsumsi obat herbal tanaman baobab.

0 komentar:

Posting Komentar