Sabtu, 25 Maret 2017

Manfaat Tanaman Melati (Jasminum Sambac L. Aiton)

Gambar atau Foto Tanaman Melati (Jasminum Sambac L. Aiton)
 Tanaman Melati (Jasminum Sambac L. Aiton)



Deskrispsi Tanaman Melati

Tanaman melati adalah tanaman bunga yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman melati biasanya ditanaman di pekarangan rumah, halaman depan rumah, didalam pot, dan tempat lainnya. Nama latin tanaman melati adalah Jasminum sambac (L.) Aiton. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain tanaman melati ini ialah  Tuscan jasmine, Arabian Jasmine, Sambac jasmine. Menurut sejarah asal usul tanaman melati ini berasal dari India. Persebaran tanaman melati ini India, Cina, Mauritius, Madagaskar, Maladewa, Kamboja, Jawa Indonesia, Pulau Christmas , Chiapas, Amerika Tengah, Florida selatan, Bahama, Kuba, Hispaniola, Jamaika, Puerto Rico, dan Lesser Antilles. Ciri-ciri fisik tanaman melati ini memiliki daun agak bulat dengan bunga yang berwarna putih, dan berbau wangi. Fungsi dan kegunaan tanaman melati bagi sebagian masyarakat didunia digunakan sebagai tanaman hias, upacara keagamaan, dan digunakan untuk bahan campuran minuman teh. Namun yang tak kita tahu tanaman melati ini sebenarnya memiliki banyak manfaat dan khasiat dalam pegobatan berbagai macam penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Melati 

Indonesia : Melatu
Malaysia: melati, melur, bunga melor 

Klasifikasi Tanaman Melati

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Scrophulariales
Famili: Oleaceae
Genus: Jasminum
Spesies: Jasminum sambac (L.) Aiton

Anatomi dan Morfologi Tanaman Melati

Tanaman melati merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam keluarga tanaman melati-melatian (Oleaceae). Tanaman melati ini tanaman perdu merambat yang terjurai atau longgar ketika masih muda dan berakar berbuku-buku atau membesar yang ukuranya 2-3 m. Daun tanaman melati berbentuk bulat telur dengan ukuran 2,5-9 cm x 2-6,5 cm, tipis, pangkal daun berbentuk jantung sampai menumpul, ujung daun lancip terkadang juga tumpul. Tepi daun tanaman melati berombak, gundul atau berbulu halus. Akar tanaman melati akar tunggang berwarna kecoklatan. Bunga tanaman melati berkelompok, satu tandan bunga berisi sekitar 3-5 bunga,  dengan 7-10 ruas kelopak, panjang bunga 2,5–7 mm, berbulu halus, panjang tabung mahkota bunga tanaman melati sekitar 7–15 mm, sebanyak 5 cuping, berbentuk bundar telur atau lonjong, dengan ukuran panjang 8–15 mm, berwarna putih, memiliki bau yang kuat. Mahkota bunga tanaman melati berbentuk lembaran mengerut, seperti terompet, yang berwarna putih, dan berbau wangi. Buah tanaman melati  buah buni, mengkilap, dan berwarna hitam, dan dikelilingi kelopak. Budidaya tanaman melati ini perkembangbiakannya menggunakan cara stek batang dan biji. Habitat tanaman melati berada pada tanah yang lembab banyak akan unsur hara dengan sinar matahari yang penuh dengan elevansi dari dataran rendah hingga 800 m dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Melati Yang Digunakan

Bunga dan daun.

Kandungan Tanaman Melati

Tanaman melati mengandung linalool, terpenoid, kumarin, fenolik, flavonoid, saponin, steroid, benzil aseta, caryophyllene, farnesol, minyak esensial.

Manfaat da Khasiat Tanaman Melati Bagi Kesehatan
  1. Tanaman melati bermanfaat untuk antioksidan.
  2. Tanaman melati berkhasiat sebagai obat antikanker seperti kanker payudara.
  3. Tanaman melati sebagai obat anti virus.
  4. Tanaman melati untuk obat antimikroba.
  5. Tanaman melati berguna untuk mengurangi rasa depresi pada diri seseorang
  6. Tanaman melati digunakan untuk mengobati mata merah dan demam.
  7. Tanaman melati mampu mengobati infertilitas baik bagi pria maupun wanita.
Catatan

Belum ditemukan kontraindikasi dalam pengkonsumsian  obat herbal tanaman melati.

0 komentar:

Posting Komentar