Selasa, 11 Juli 2017

Manfaat Daun Jinten (Coleus Amboinicus Lour)

gambar atau foto Daun Jinten (Coleus Amboinicus Lour)
Daun Jinten (Coleus Amboinicus Lour)



Deskripsi Daun Jinten

Daun jinten adalah tanaman liar yang sering kita jumpai ada disekeliling kita. Tanaman daun jinten ini biasanya hidup di kebun, halaman depan rumah, pekarangan dan tepi hutan. Nama latin daun jinten ialah Coleus Amboinicus Lour. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain dari daun jinten ini mempunyai nama Country Borage. Menurut sejarah asal usul daun jinten ini berasal dari Afrika. Persebaran daun jinten ini dari daerah Afrika - Burundi, Angola, Tanzania, Mozambik, Natal, Swaziland. Semenanjung Afrika - Yaman, ke India, Asia Tenggara; Indonesia. Ciri daun jinten ini memiliki daun yang tebal berdaging bergerigi berwarna kehijauan. Fungsi dan kegunaan daun jinten bagi sebagian orang digunakan sebagai tanaman hias depan rumah karena memiliki daun yang indah. Namun yang jarang kita tahu ternyata daun jinten ini dapat dijadikan sebagai obat herbal tanaman daun jinten dalam mengobati berbagai macam penyakit yang ada ditubuh kita.

Nama Daerah Daun Jinten

Melayu : Sukan
Sunda : Aceran
Jawa : Daun Kucing, Daun Kambing
Madura : Majha Nereng; 
Bali : Iwak;
Flores : Golong

Klasifikasi Daun Jinten

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Lamiales
Famili: Lamiaceae
Genus: Plectranthus
Spesies: Plectranthus amboinicus (Lour.) Spreng.

Sinonim : Coleus amboinicus Lour.

Anatomi dan Morfologi Daun Jinten

Daun jinten merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman Lamiaceae atau tumbuhan berbunga. Daun jinten ini termasuk tanaman terna tahunan dengan pangkal berkayu, menaik, dan  tingginya dapat mencapai 1 m. Tanaman daun jinten batangnya  beruas, dan menyentuh tanah akan muncul tunas baru dari situ. Tanaman daun jinten daunnya tunggal, berdaging, berbentuk bulat telur, ujung dan pangkalnya runcing dengan tepian bergerigi/berringgit, kecuali pada bagian pangkal daun. Pertulangan daun tanaman daun jintan menyirip, dan bercabang-cabang membentuk seperti jala. Permukaannya berrambut tebal, seperti beledu berwarna putih dengan panjang 5-7 cm, dan lebar 4–6 cm dan warnanya hijau muda, jika diremas berbau harum. Tanaman daun jinten bunganya majemuk berupa tandan dengan panjang 20 cm, keluar dari ujung percabangan, dan ketiak daun dengan warna biru keunguan. Biji tanaman daun jinten bertekstur keras, gepeng, dan berwarna coklat muda. Budidaya tanaman daun jinten ini dengan cara perkembangbiakannya menggunakan biji dan tunas yang keluar dari daun yang menyentuh tanah. Habitat tanaman daun jinten ada di daerah tropis dan subtropis dengan  keadaan tanah yang subur dengan baik di tempat teduh parsial.

Bagian Daun Jinten Yang Digunakan

Daun

Kandungan Daun Jinten

Tanaman daun jinten mengandung flavonoid, terpen,  carvacrol, timol, eugenol, quercetin, apigenin, luteolin, salvigenin, genkwanin caryophyllene, patchoulane dan p-cymene.

Manfaat dan Khasiat Daun Jinten Untuk Kesehatan
  1. Daun jinten bermanfaat untuk mengobati sakit batuk dan pilek, bronkitis, dan asma.
  2. Daun jinten berkhasiat menyembuhkan penyakit masalah pencernaan, nyeri haid, nyeri persalinan, persalinan yang tertunda,dan  nyeri pascamelahirkan.
  3. Tanaman daun jinten untuk mengobati sakit kepala, radang, kesleo, luka bakar dan luka.
  4. Tanaman daun jinten digunakan untuk menyembuhkan sakit demam malaria,  infeksi mulut dan hidung, diare, dan  perut kembung.
  5. Daun jintin berguna untuk menyembuhkan penyakit dispepsia, epilepsi, rematik, batu ginjal dan helminthiasis.
Catatan

Konsumsilah herba daun jinten ini dengan bijak dan sesuai takaran.

0 komentar:

Posting Komentar