Minggu, 13 Agustus 2017

Manfaat Bidara Upas (Merremia Mammosa Hall. f.)

Gambar atau foto  Bidara Upas (Merremia Mammosa Hall. f.)
Tanaman Bidara Upas (Merremia Mammosa Hall. f.)


Deskripsi Pengertian Tanaman Bidara Upas

Bidara upas adalah tanaman umbi-umbian yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman bidara upas biasaya dapat jumpai di daerah sekitar hutan, ladang, pekarangan rumah dan tempat lainnya. Nama latin tanaman bidara upas adalah Merremia Mammosa Hall. f. Menurut sejarah asal tanaman bidara upas berasal dari daerah Asia Tenggara tepatnya negara Filipina. Persebaran tanaman bidara upas ini dari  daerah India, Kepulauan Andaman, Vietnam, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Indo-China. Ciri-ciri tanaman bidara upas ini mempunyai umbi yang mirip kentang. Fungsi bidara upas bagi sebagian masyarakat serat tanamannya digunakan untuk bahan pakaian, karena mengkilat seperti kain satin dan memberikan rasa sejuk kepada pemakai. Namun yang tidak kita tahu ternyata tanaman bidara upas ini bisa digunakan dalam pengobatan untuk mengobati macam-macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Bidara Upas

Indonesia : Bidara Upas
Jawa : Widara Upas, Blanar
Ambon : Hailale

Klasifikasi Bidara Upas

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Solanales
Famili: Convolvulaceae
Genus: Merremia
Spesies: Merremia mammosa Hall. f.

Anatomi dan Morfologi Bidara Upas

Tanaman bidara upas merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam keluarga tanaman berbunga (Convolvulaceae).  Tanaman bidara upas ini tanaman umbi-umbian yang merambat atau menjalar pada tanaman lain yang ukuran tingginya dari 3 sampai 6 m. Daun tanaman bidara upas berbentuk bulat telur melebar, dengan pangkal berbentuk hati. Umbi bidara upas ini seperti kentang. Umbi bidara upas letaknya berkumpul hingga 6-7 buah dan beratnya dapat mencapai 5 kg. Kulit umbi bidara upas berwarna kuning kecoklatan, kulitnya tebal bergetah warna putih, bila kering warnanya menjadi coklat. Bunga bidara upas majemuk, yakni sejumlah 1-4 kuntum, membentuk payung, berwarna putih, dan apabila menjadi buah bidara upas, kelopaknya tidak gugur. Biji bidara upas berwarna kelabu sampai hitam, dengan pinggirannya yang berbulu kecoklatan. Budidaya tanaman bidara upas ini dengan cara menyamai bijinya , stek batang atau dengan menanam umbinya. Habitat tanaman bidara upas pada tanah basah seperti didekat aliran sungai, dan tumbuh dengan baik di daerah tropik dari dataran rendah sampai ketinggian 250 mdpl.


Bagian Bidara Upas Yang Digunakan

Getah dan umbi tanaman bidara upas.

Kandungan Bidara Upas

Bidara upas mengandung polifenol, triterpenoid, terpenoid, dan flavonoid.

Manfaat dan Khasiat Bidara Upas Untuk Kesehatan

  1. Khasiat tanaman bidara upas untuk menyembuhkan sakit demam.
  2. Manfaat tanaman bidara upas berguna dalam mengobati radang tenggorokan.
  3. Bidara upas khasiat untuk mengobati sakit pernapasan.
  4. Ekstrak bidara upas untuk mengobati disentri.
  5. Getah tanaman bidara upas diterapkan secara eksternal untuk mengobati gigitan ular, luka bakar, demam, disentri, keracunan, dada dan tenggorokan dan edema.
  6. Manfaar bidara upas untuk mengobati sakit kencing manis, sembelit, muntah darah.

Catatan 

Konsumsilah herba bidara upas dengan bijak dan sesuai takaran.


0 komentar:

Posting Komentar