Rabu, 28 Agustus 2019

5 Type Rimpang yang Popular Jadi Bumbu Dapur

Macam masakan rumah semakin enak dengan penggunaan bumbu dapur yang pas. Dari type rimpang, ada banyak bumbu dapur popular yang sering ada di dapur rumah.



Rimpang atau rhizoma ialah modifikasi batang tumbuhan yang tumbuhnya menyebar dibawah permukaan tanah serta bisa membuahkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya. Rimpang mempunyai banyak faedah sehat serta umum dipakai jadi bumbu dapur. Tersebut 5 type rimpang yang popular digunakan jadi bumbu dapur.

1. Jahe

Jahe dapat disebut jadi rimpang paling populer untuk bumbu dapur. Jahe mempunyai rasa pedas serta aroma ciri khas yang beri kesegaran. Jahe banyak digunakan di makanan tradisionil Indonesia. Dari mulai membuat sup sampai minuman hangat.

Di market ada 3 type jahe yang gampang didapati yakni jahe gajah, jahe kuning serta jahe merah. Melihat faedah sehatnya, jahe bermanfaat menurunkan sakit perut sampai memudahkan ngilu.

Untuk mengolah bumbu, pilih umbi jahe yang tua serta besar. Sesaat untuk tumisan, gunakan jahe yang muda serta masih lunak. Kupas jahe lewat cara mengerok kulitnya menggunakan sendok atau kupas dengan pisau.

Semestinya kupas jahe sesuai dengan yang dibutuhkan. Ini supaya umbi yang masih ada dapat digunakan kembali serta masih fresh. Untuk dicampurkan dalam tumisan, cincang halus atau kasar jahe, juga bisa iris panjang kecil. Sesaat jahe merah rasa-rasanya lebih panas atau pedas serta biasa digunakan untuk mengolah obat.

2. Lengkuas

Memiliki bentuk seperti jahe, berikut lengkuas atau laos yang seringkali digunakan jadi bumbu masakan sayur santan sampai tumisan. Diluar itu, lengkuas sering diproses jadi serundeng untuk masakan ayam goreng atau empal goreng lengkuas.

Berbau serta rasa rimpang tidak menonjol hingga penggunaan lengkuas cuma untuk memberikan rasa fresh. Dari bagian kesehatan, lengkuas memiliki kandungan alonin, galangol, serta resin yang dapat tingkatkan ketahanan badan, tangani sakit perut, kembung, sampai demam.

Jadi bumbu dapur, lengkuas semestinya disimpan di wadah terbuka, kering, serta di suhu ruang. Lengkuas dapat dikupas sebelum diproses dalam masakan. Upayakan menggunakan lengkuas fresh supaya tidak susah dipotong.

3. Kencur

Menyebutkan kencur mungkin Anda langsung teringat jamu. Rimpang ini sebetulnya banyak juga digunakan dalam masakan seperti kombinasi bumbu urap, rempeyek, seblak, serta macam sayuran berkuah.

Bentuk kencur seperti jahe serta kunyit, tetapi ukurannya lebih kecil serta cukup bundar. Warna permukaan kulitnya dikit keunguan serta saat dipotong akan menunjukkan daging berwarna putih.

Umtuk memproses kencur, kupas dahulu kulitnya sampai bersih memakai pisau. Kemudian, irislah tipis-tipis, halsukan di jus, atau parut sampai halus. Yakinkan tidak memakai kencur kebanyakan agar masakan tidak getir atau pahit.

4. Kunyit

Kunyit populer jadi pemberi warna kuning alami pada masakan. Kunyit banyak digunakan di masakan Minang seperti gulai sampai kari. Masalah rasa, kunyit mempunyai cita rasa unik seperti tanah serta cukup pahit.

Kunyit mempunyai struktur lembut sehungga gampang iris serta diparut sebelum diproses jadi masakan. Dari bagian kesehatan, kunyit tawarkan banyak faedah bila teratur dikonsumsi. Seperti menguatkan ingatan serta sehatkan pencernaan.

5. Jumpa kunci

Rimpang yang satu ini mungkin jarang-jarang Anda dengar, tetapi peranannya penting dalam pengerjaan sayur bening. Jumpa kunci membuat aroma serta rasa sayur bening lebih menggugah hasrat.

Rimpang ini banyak didapati di daerah Indonesia dengan nama berlainan seperti dumu kunci di Bima serta tampute di Ternate. Untuk memakainya, jumpa kunci tidak butuh iris kecil sebab jika termakan karena itu rasa-rasanya akan mengakibatkan kerusakan hasrat. Bila rimpangnya besar cukup geprek atau memarkan.

Faedah sehat jumpa kunci lumayan banyak. Salah satunya menangani masalah pencernaan, mengobati batuk, penambah nafsu makan, serta meningkatkan keluarnya air susu ibu (ASI). Diluar itu jumpa kunci dapat mengobati sariawan.

0 komentar:

Posting Komentar