Sabtu, 31 Agustus 2019

6 Hal Penting untuk Diperhatikan Sebelum Tukar Tambah HP


Biasanya, orang akan menjual Hp lama setelah membeli yang baru. Atau mungkin banyak yang lebih memilih melakukan tukar tambah HP. Yang jelas, kita selalu butuh HP yang ingin memiliki yang lebih bagus dari sebelumnya. Namun, kalian tidak boleh gegabah untuk tukar tambah atau menjual HP lama. Pastikan dulu HP lamamu memang sudah saatnya ditukar yang lebih baik. Selain itu, kalian juga harus tahu beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan tukar tambah atau menjual HP.



Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjual HP

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau menyesal di kemudian hari, pastikan kalian memperhatikan beberapa hal berikut sebelum memutuskan untuk menjual HP lama:

1.    Perhatikan Akun-akun yang Ada di HP
Biasanya, kalian memiliki berbagai akun di HP. Misalnya adalah akun email, Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya. Setiap akun juga biasanya memiliki password yang berbeda-beda. Untuk itu, kalian harus mencatatnya terlebih dahulu. Jangan lupa juga untuk keluar dari akun-akun tersebut sebelum HP dijual agar tidak ada akun yang disalahgunakan oleh pembeli. Setelah itu, kalian bisa login menggunakan HP baru kalian.

2.    Backup Data
Salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum menjual HP adalah backup data. Tentu saja, kalian menyimpan bebagai data penting di HP seperti foto, video, kontak, dokumen, dan lain sebagainya. Agar kalian tetap bisa mengakses itu semua, maka kalian harus memastikan data-data tersebut sudah terbackup. Misalnya, kalian bisa backup kontak ke email, backup video, dokumen dan foto ke Google Drive, Dropbox, OneDrive, iCloud, dll. Bahkan, kadang ada riwayat telepon dan juga pesan yang perlu dibackup karena itu penting. Jika backup data dilakukan sebelum melakukan tukar tambah HP, maka kalian tetap bisa mengakses data-data tersebut di HP barumu.

3.    Keluar dari Program Beta Platform
Jika kalian ikut program beta untuk platform yang digunakan di HPmu, maka kalian harus mengeluarkannya terlebih dahulu. Pasalnya, program beta platform bukan hanya terikat dengan akunmu saja tapi juga smartphone yang kalian gunakan. Beberapa contoh program beta platform adalah Windows Insider Program, Apple iOS Beta Program, Android Beta, dll. Jadi, pastikan kalian keluar dari program-program tersebut dengan prosedur masing-masing.

4.    Factory Reset
Untuk menghapus data yang ada di HP lama, ada baiknya kalian melakukan Factory Reset. Bukan hanya menghapus data, namun cara ini juga mengembalikan ke pengaturan awal. Meski caranya berbeda-beda, namun umumnya Factory Reset Terdapat pada bagian Setting.

5.    Enkripsi Data
Tak ada salahnya jika kalian melakukan enkripsi data, terutama jika kalian menyimpan data-data sensitif di HP. Pasalnya, Factory Reset saja kadang tak cukup karena masih ada data yang tertinggal di HP. Dengan mengenkripsi data, artinya kalian menghapus data-data milikmu 100%. Namun, enkripsi data cukup memakan waktu. Tapi jika memang dirasa perlu, maka kalian harus tetap melakukannya.

6.    Cabut Kartu SIM
Satu lagi yang tidak boleh kalian lupakan sebelum melakukan tukar tambah HP adalah megeluarkan kartu SIM dari HP. Bahkan, beberapa model HP sekarang bisa digunakan untuk 2 kartu SIM. Kalian harus mengeluarkannya terlebih dahulu, apalagi jika itu adalah nomor utama yang kalian pakai sehari-hari. Hal ini juga dibutuhkan untuk menghindari penyalahgunaan kartu SIM oleh pemilik baru.

Deskripsi: Tukar tambah HP boleh saja dilakukan, namun harus memperhatikan beberapa hal penting ini terlebih dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar