Minggu, 12 Januari 2020

Sering Mengantuk Saat Bekerja? Berikut 5 Cara Menghilangkan Kantuk!


Setiap manusia selalu mengalami rasa kantuk. Menurut Alodokter, kantuk adalah kondisi di mana ketika seseorang merasa ingin tidur. Namun, kantuk menjadi tidak wajar jika terjadi secara berlebihan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagi Anda yang merasa sering mengantuk pada jam tertentu pasti merasa tidak nyaman dan ingin menghilangkan rasa kantuk. Sebelum itu, yuk, ketahui gejala ngantuk yang tidak wajar.



Tahukah, Anda, bahwa sering merasa kantuk dan melebihi batas normal, itu bisa menjadi tanda adanya sebuah penyakit? Contohnya adalah depresi, gangguan kecemasan, insomnia, narkolepsi, diabetes, dan sleep apnea. Selain mengantuk, gejala lainnya adalah sering lupa, respons menjadi lambat, sulit mengendalikan emosi, dan tertidur pada situasi yang tidak tepat. Apabila Anda mengalami gejala seperti di atas, maka Anda harus mengetahui cara menghilangkan rasa kantuk.
Ada beberapa akibat dari rasa kantuk yang tidak wajar ini. Yuk, simak ulasannya sebelum membahas cara menghilangkan kantuk.

  1. Mudah tertidur saat membaca buku atau menonton.
  2. Adanya penurunan pada prestasi di sekolah atau penurunan kinerja pada pekerjaan.
  3. Sulit untuk fokus dan berkonsentrasi.
  4. Memiliki rasa ingin tidur secara terus menerus pada siang hari. Bahkan bisa tertidur pada siang hari.
Lalu, apa, sih yang menjadi penyebab kantuk yang tidak wajar? Pertama, gaya hidup. Gaya hidup seseorang sangat berpengaruh dalam hal ini, seperti pola makan yang mengganggu jam tidur, waktu olahraga yang mendekati waktu tidur, kurangnya tidur pada malam hari, dan sering mengonsumsi alkohol. Kedua, adanya gangguan mental seperti gangguan kecemasan, depresi, dan stres. Ketiga, gangguan tidur. Adanya gangguan tidur juga membuat rasa kantuk yang tidak wajar, seperti insomnia, narkolepsi, dam sleep apnea. Keempat, adanya efek samping pada obat-obatan tertentu. Contohnya, obat antialergi, antidepresan, obat asma, obat hipertensi, dan obat untuk jantung.

Biasanya untuk menghilangkan rasa kantuk, seseorang akan minum kopi. Namun, ada beberapa cara menghilangkan kantuk selain minum kopi. Berikut ulasannya dilansir dari halaman klikdokter dan hellosehat.

  1. Mengunyah.
Dengan mengunyah, maka rasa kantuk akan berkurang dan menghilang. Anda bisa mengemil makanan yang sehat setiap 4 jam sekali. Namun, jangan makan langsung dalam jumlah yang banyak karena hal itu bisa membuat Anda kelelahan dan mengantuk. Pilihlah makanan ringan yang kaya akan zat besi, protein, dan serat. Selain itu, Anda juga bisa mengunyah permen karet.

  1. Berolahraga.
Dengan berolahraga, sirkulasi darah tetap akan terjaga. Hal ini karena olahraga bisa memicu adrenalin dan meningkatkan suhu dalam tubuh. Selain itu, olahraga juga memiliki banyak manfaat, seperti badan menjadi sehat, meningkatkan denyut jantung, dan membuat pembuluh darah menjadi lancar. Anda bisa berjalan selama 10 menit atau berlari-lari kecil.

  1. Minum Air Putih.
Minum air putih dalam jumlah yang cukup akan menjaga tubuh dari rasa kantuk. Ketika Anda kurang minum air putih dan mengakibatkan dehidrasi, jantung akan memompa lebih keras. Hal itu akan mengakibatkan tubuh menjadi cepat kelelahan.

  1. Mencuci Wajah.
Anda bisa menghilangkan kantuk dengan mudah hanya dengan mencuci wajah. Menurut sebuah penelitian, terapi air dapat membangkitkan energi dan menetralisir suasana hati.

  1. Mendengarkan Musik.
Mendengarkan musik juga bisa membuat rasa kantuk hilang. Bahkan bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak suka minum kopi. Pilih musik yang bisa membangkitkan semangat. Jangan pilih yang mendayu karena malah membuat Anda semakin mengantuk.

Nah, itulah 5 cara menghilangkan kantuk yang bisa Anda coba! Manakah yang akan Anda coba?

0 komentar:

Posting Komentar